Jumat, 10 Februari 2012

Sebuah Nama.. Sebuah Makna..

Assalammu'alaikuuuum...
Holaaa epribadieeeh... Malam ini, secara mengejutkan, si Nung Aisa Kukang mendadak memberikan saya sebuah tugas yang cukup berat untuk saya jalankan.. Yaitu, menceritakan 'sesuatu' yang ada dihatiikuu sesuatuu..*oops! Kok malah nyanyi???..
Maap.. Maksud saya adalah menceritakan makna dibalik nama saya. Hmmm... Aduuh.. Rasanya pengen tak timpukin pake Donat aja tu si Miss Kukang.. Tapi, sayangnya, donatnya udah keburu habis saya makan sendiri tadii... Wkkwkwkwkw.... Piiiiiiiiiiiiis Aiii...^_0


Okeeeeh.. Balik ke tema, apa sih sebenarnya makna yang tersembunyi dibalik nama indah ini--->RUSDAH HAYATI?? Umm.. Sebenarnya saya terlahir bukan dengan nama seorang wanita seperti ini. Dulunya, saya terlahir dengan nama  FAHRUR ROZI! Nah loo... Kaget kan?? Eiiiiiits.. Jangan pernah ada yang berfikiran bahwa saya merubah jenis kelamin saya atau transgender atau apalah istilahnya. Ini terjadi akibat kesalahan tekhnis sewaktu pemeriksaan bayi didalam perut Mamak saya. Dan salah saya juga sih  waktu itu karena iseng banget ngerubah posisi-posisi diri saya di dalam perut Maak saya. Jadi rada susah gitu kali ya ngedeteksi apa jenis kelamin saya pada saat itu. Padahal, pada masa kehamilan Mak saya akan saya, bidan yang menangani beliau sampai 2 orang loch.. Tapi tetep aja gak ada satupun yang mampu memastikan jenis kelamin saya..
Pun Papa saya saat itu sangat berharap bisa mendapatkan seorang anak laki-laki, maka semuanyapun langsung mensugesti diri mereka sendiri, bahwa saya yang pada saat itu sedang asoi geboi main congklak didalam perut Mak saya, adalah seorang anak laki-laki. Jadilaaah nama Fahrur Rozi itu disiapkan kedua orang tua saya bagi saya..
Hari kelahiran! Alhamdulillaaah.. Bayi dengan posisi sok ngeksis banget ntu lahir dengan selamaat.. Meskipun diiringi oleh sedikit insiden yang sempat membuat kedua orang tua saya panik, merinding disko dan berfikiran bahwa saya sudah tidak bernyawa! Eh? Kenapa? Kok bisa?? Penasaran?? Anda penasaran?? Penasaran gak?? Gak kan?? Ah kapan2 aja yaah ceritanyaaa... Hihihihiii...
Singkat kata singkat cerita, ahirnya setelah berhari-hari hingga hampir semingguan lebih, ahirnya Papaku tersayang tercinta tercakep menemukan juga nama yang tepat bagi bidadari kecil yang manis unyu2 kesayangannnya ini, yaitu Rusdah Hayati.. Sebenarnya dalam ejaan arab, nama saya haruuuusnyaa ditulis seperti ini: Rusydah Hayati. Terjemahnya (menurut Papa saya yaaa..^_0) aadaaalaaah: Kecerdasan dalam Kehidupan. Benar-benar sebuah nama yang sarat akan do'a bukan?? Dan bagi saya, ini adalah wujud kasih sayang yang sangat tulus dan mendalam dari kedua orang tua saya, terutama papa, yang ternyata tetap mampu ikhlas menerima kehadiran saya. Meskipun saya terlahir tidak sesuai dengan apa yang Papa saya inginkan. Saya perempuan. Bukan anak laki-laki seperti apa yang beliau harapkan. Alhamdulillah Papa masih mampu mengasihi saya dengan sepenuh hati beliau.. Makasiih Papaa... Papa emang the best lah...*Tenang Pa.. Pujian ini tulus tanpa ada embel2 minta pulsanya.. Tapi kalo seandainya papa tetap mo ngirimin pulsa juga, adek ndak nolak kok Pa...Wkwkwkwkk
Naah.. Itu dia sedikit sejarah singkat mengenai nama asli saya alias nama panjang alias nama lengkap atau apapunlah istilahnya. Yang jelas, nama itulah yang selalu tertera di dalam akte kelahiran, ijazah SD sampe SMA, KTP, KTM dan SIM saya.
Beralih ke nama panggilan.. Hmm...Mohon maap, kalo masalah nama panggilan, jujur saya punya buaaanyaaaaaaak buanget nama panggilan. Dan untuk menyingkat postingan, izinkan saya untuk menyebutnya satu persatu..*Eh???o.O

-Butet
Kenapa?? Kenapa saya dipanggil dengan nama panggilan ala gadis batak ini? Hmm..Untuk nama kesayangan yang satu ini, ada dua faktor yang melatar belakanginya. Pertama, Papa saya adalah rakyat Indonesia bersuku ganda dan berbahasa ganda, Batak plus Minang. Nama Papa saya adalah H. Syafri Nasution. Dari namanya udah ketara kan kalo saya adalah keturunan Batak marga Nasution.. So, saya Butet boru Nasution. Sementara saya dipangggil Butet, my lovely sister justru dipanggil Upik.. Kenapa?? Ada hubungannya dengan faktor kedua..
Faktor yang kedua adalah karena bidan yang menangani kelahiran saya adalah seorang wanita cantik yang bersuku batak namun berbeda marga dengan Papa saya, Bu Doten Bety (maap, saat mengenal ibu ini, saya masih cadel dan ga bisa mengucapkan kata dokter dengan baik dan benar). Dan berbeda dengan kakak semata wayang saya yang proses kelahirannya di tolong oleh bidan galak bersuku aseli minang. So, panggilan Butet ini resmi saya sandang semenjak tangisan pertama saya akibat cubitan ganas Bu Doten Betty di punggung saya. Kata Emak, mendadak Bu Doten Betty yang semula juga was-was kalo saya lahir tak bernyawa berteriak heboh:
" Pak Hajiiiiiiiiiiiiiiiii.. Si butet sudah lahiiiiir"
Dan hari itu, 26 Agustus 1991, resmi sudah nama panggilan Butet ini menempel pada diri saya.. Meskipun marga Nasution tak pernah bisa 'ditempel' di belakang nama saya. Karena saya sama sekali tidak bisa berbicara dalam bahasa batak.. Walaupun telah diajarkan berkali-kali.. Taunya cuma: Ma mangan doho?? T__T

-Ndut
Huuuhuuuhuuu.. Ini panggilan kesayangan Kakakku  tersayang yang sedang stress berat karena hendak menghadapi Sidang Skripsi . Namun masih bisa ngakak liat tingkah laku aneh bin ajaib adik satu-satunya yang super manis ini.. Hihihihiiiii... Selain itu, ini juga nama kesayangan yang disematkan oleh kakak2 di kos lama saya dulu. Kak Ema, Kak Yuli, Cece, dan kakak2 lainnya yang demen banget nyubitin pipi dan lengan saya serta hobi banget ngucek2 tampang imut saya (cucian kalii ah dikucek-kucek). Kenapa nama ini nempel didiri saya? Ah bisa di tebak alasannya.. Karena saya punya kelebihan... Kelebihan persediaan lemak ..T_T
*sedang dalam program diet bareng Ibu Dekan kampuus.... Semangaat Buuu!! KIta berantas kelebihan lemak kita bareng2!! FIGHTIIIIIIIING!!!^_^

-Adek
Ini juga panggilan kesayangan dari Mamak, kakak dan Nenek sayaa.. Kenapa? Karena saya bungsuuuuuuu.. Hihihihi.. Walaupun kemaren hampiiiiir aja punya adik.. Saat usia saya 13 tahun, Mamak saya mendadak pulang dengan wajah pucat dan terduduk diam. Ternyata, Mak saya baru saja mengalami keguguran. Kehamilan Mak saya saat itu tak ada satupun yang mengetahui ataupun menyadarinya. Pun Mak saya sendiri. Mamak terlihat sedih dan terluka. Sementara saya, antara senang dan berduka. Senang karena saya tetap bisa menjadi bungsu, sedih banget karena saya ga tega sama adik saya yang belum sampe 2 bulan udah keburu kembali padaNya dan saya tetap harus kesepian dirumah.. Soalnya kakak saya pada saat itu sedang mondok di Solo. Terlebih lagi ketika keesokan harinya mamak menceritakan bahwa beliau bermimpi menggendong seorang bayi laki-laki yang lucu. Dan menurut pemikiran saya, jangan-jangan adik saya laki-laki?? Huaaaaaaaaaaa.... Padahal kan seruu kalo bisa punya dedek laki-laki..
*Soalnya pengen punya abang udah ga bisa lagih..-_-'

-Bembi
Ingat sinetron Culunnya Pacarku?? Yang (kalo ga salah) pemeran utamanya si Zumi Zola itu oooch.. Naaah kan ada salah satu tokoh dalam sinetron itu yang bernama bembi. Saya mendapatkan julukan ini waktu masih mondok di Solo dulu.. Dan masih bertahan sampai saat ini. Kalo ga salah, julukan ini di anugerahi oleh Mbak Mami.. Mudabbiroh kamar saya dulu..^_^

-Uthe
Naaaaah.. Ini diaaaaaa.. Nama terbaru sayaaah.. Pemberian seorang senior super baik yang diplesetin sama sahabat terbaik saya Alm. Pak Rete. Awal mulanya, alkiisaaah pada jaman dahuuluu kalaaa... *Ah apaan seeeeeeeeh..-_-'
Senior saya, Bang Yudi namanya, demen banget main singkat-singkat nama saya seenaknya. Panggilan saya yang semula adalah Butet dengan gampangnya dirubah menjadi Utet oleh beliau. Yaaah.. Masiih mendiing siih.. Daripada dirubah jadi Betet... Iiih.. Ga bangeet deeh. Dan alasan beliau merubah nama saya ini adalaaah.. Supaya lebih imuut.. Lebih cucoook sama saya.. Katanyaaa sih gicyuu.. Hihihihiii... *Makasiiih ya Baaang.. Kamek do'ekan abang cepat lulus me cepaat nikah plus cepat punye anak lah.. Hihihihii...^_0
Dan nama sok imut ini entah bagaimana kisahnya ahirnya bisa sampai ke kuping Alm.Pak Rete, salah satu teman seangkatan saya dan teman-teman yang paling dituakan karena memang beliau memiliki usia yang jauh lebih tua jika dibandingkan sama saya dan teman-teman lainnya. Imbasnya, sayapun resmi menjadi bahan ledekan beliau dan ujung-ujungnya karena saya ngambek ga ketulungan dan sebagai permintaan maaf pengobat tampang manyun saya, beliaupun turut memberikan nama panggilan yang baru buat sayaa.. Uthe.. Aiiih.. Awalnya ga bangeeet gitu kesannya. Tapi alasan beliau memberikan nama ini yang membuat saya bangga menyandang nama ini, yaituuu:

" Pak rete suka sama suara Butet kalau agik nyanyi. Tinggi.. Macam Ruth Sahanaya. Jadiii panggilan dari Pak Rete Uthe aja yaaa.. Biar agak mirip-mirip sikit laah sama mbak Ruth Sahanaya."
Yeeeeeeeeyeeeyeyeeeeeeee... Asiiiiiik.. Hihihi.. Dan nama ini di berikan beliau beberapa bulan sebelum beliau di panggil Allah SWT. Baik-baik disana yaaah Pak Reteee.. Ntar kalo Uthe nyusul, semoga kita ketemu dalam wujud yang baik.. Di surgaNya.. Aaamiiin...^_^
Dan nama ini saya gunakan untuk menyapa teman-teman sesama bloofer saya. Kenapa? Karena menurut saya nama ini istimewa.. Dan hanya akan saya gunakan jika saya bertemu orang-orang istimewa.. Heheheee...^_0


-Doraemon

Ini nama kudu musti wajib saya tampilin di postingan saya kali ini. Kenapa?? Karena ada yang request. Katanya harus di ceritain mengenai nama aneh bin ajaib nyang satu ini..*Colek teh Anna..^_^
Doraemon.. Siapa siih yang ga kenal sama tokoh bunder, berwarna biru dan bermata besar dengan kantong ajaib yang nangkring manis di perutnya ini? Yang selau setia menemani kita setiap minggu pagi sejak saya SD sampai saya kuliah saat ini. Dan anehnya, Nobita ga pernah naik kelas dan ga pernah bisa tua sama sekali. Teteeep aja jadi anak SD..-_-'
Nama ini awalnya merupakan pemberian dari Abang Ulat Bulu alias Bang Yayan.. Dan nama atau julukan ini merupakan bentuk balas dendam atas panggilan Abang Ulat Bulu yang dengan seenaknya saya berikan kepada beliau..
Hihhihiii.. Maaf yee Abang Ulat Buluuu.. Salah siapa coba nakut-nakuti orang pake ulat bulu?? Tapi lumayan lah kan baang.. Nama unik gampang di inget loooch... Hihihihiii.. Dan sekarang, ternyata makin banyak yang memanggil saya dengan panggilan yang satu ini. Siapa saja mereka??? Ah rahasia..Buat yang ngerasa ajaa deeh.. Hehehehehee...^______________^



Siiiiip... Kayaknya kita sudah hampir sampai ke penghujung postingan saya kali ini.. Apapun nama saya dan makna yang tersimpan didalamnya, bagi saya itu semua adalah wujud kasih sayang.. Wujud cinta orang-orang yang berada disekitar saya.. Wujud keikhlasan kedua orang tua saya dalam menerima kehadiran saya dimuka bumi ini.. Dan saya yakin selalu ada do'a yang baik dan indah yang tak pernah terputus didalam nama saya. Mengenai panggilan saya yang beragam, saya tak pernah mempermasalahkannya. Kenapa? Karena hal ini justrru membantu saya dalam mengingat dan mengetahui asal pertemuan saya dengan sosok yang memanggil saya. Contooooooooohnyaa.. Saya pasti bisa langsung tau jika pada suatu hariada seseorang yang menyapa saya dengan sapaan:"haiii Utheee.. Apa kabar?", ini pastii anak bloof.. Hehehehee... *teorinya teh Anna.. Pinjeeem yaaah teeteeh..:D

Yaaap.. Tampaknya cukup sekian aja potingan saya kali ini.. En buat Nung Aisa miss Kukaang.. Mohon maap yaaa sisteer.. Tugasnya rada telat (banget!).. Soalnya ada beberapa kendala pikiran dan perasaan yang sempat menghalangi langkahku untuk mengobrak-abrik draft postingan di blogku..*alasan yang sungguh klise..-_-


Ah yang penting udah saya kerjakan ya nuuung... Kurang lebihnya saya mohon maap..
Sekian dan terima kasiiiiiiiiiiiih..
Samapai ketemu di postingan saya selanjutnyaaa.. Dan jangan terlalu merindukan saya yaaa...*KEPEDEAN!!!:')



Bye byeee... Dadaaaaaaahh... Sayonaraaaaaa... Anynyeoooooooong... See uuuuuuuuu...

Wassalammu'alaikum warrohmatullohi wabarokatuuuuuuuuh..

^_______0

27 komentar:

  1. wkwkkwkw naik turun mata ku baca ni postingan, saking banyak nama panggilan....butettttttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkkk.... Olahraga mata kak Tiaaaaaaaaa.....
      hihhihihii.. Panggil Uthe ajaa aaah.. Kan udah disiapin nyang spesial buat bloofers... wkwkwkwkk..
      ;)

      Hapus
  2. Bagus euih artinya... Kecerdasan dalam Kehidupan.
    mungkin harapa mama dan papa adgar uthe
    Cerdas memaknai kehidupan
    Cerdas mengisi kehidupan
    Cerdas mewarnai kehidupan
    Cerdas memberi pengaruh kehidupan
    Cerdas mencari pendamping kehidupan...

    gak nyambung yah.... hihihihihi... biarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat seperti apa yang pernah papa saya katakan..


      ^______^

      Hapus
  3. allooo adek kembar (tp skr nggak lg T_T)
    nama panggilannya banyak amir yak, dan g' ada hubunganx satupun sm nama lengkapnya, hehehe....
    uthe...uthe...kk' kangen sm suara lembutmu >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihii.. Ayuuk kakaak.. Kapan kita telpon2an lagih???^_0

      Hapus
    2. kalau mau Telp Ikkutaaannn yaaaahhh ^__^

      Hapus
    3. Wkwkwkwkwkk.. Okeeeh... Seperti biasaa.. Conference call lagiii.. Rame2... ^_^

      Hapus
  4. harusnya tuh nama kamu uti (rUsdah hayaTI)
    aoalnya kl uthe,jadinya rusdah hayateee

    haha..justkid adik manis
    nice posting ^^d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Uti ntar sama dengan panggilannya kak Uty dunk kak...
      hihihihii...
      MAkasih atas kunjungannya kakak cantiik...^_0

      Hapus
  5. wedew....
    gak kurang satu orang punya nama sebanyak ini...

    harusnya di selametin itu nama satu satu.....

    :D

    moga orangnya seindah namanya.....

    amin.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wegegeggeee.. Bisa bangkrut tujuh turunan saya Om kalo dislametin semua ntu nama... Wagagagaaa...

      Aaaamiiiiiiiiin... Makasih buat do'anya ya om..
      ^-^

      Hapus
  6. wkwkwk...kamu orang batak toh...??????????? butet..butet.. arti nama mu bagus.... dan untuk PR ini, aq kasih nilai A. selamat..selamat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkk... Makasiiih Nunung Aisa Kukaaang.... ^_^

      Hapus
  7. waduhhhh utheeee

    pgglan yg sama diantara kita adalah "NDUT" hahahaa

    wah semoga arti namanya, sesuai dengan harapan ortunya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkk..Beneran uni?? Hihihihi...
      Aamiiiiiin... Makasih buat do'anya Uniku sayaaang...
      ^_^

      Hapus
  8. Terima kasih sahabat atas berbagi ceritanya ini...
    Ijin follow sahabat 94

    BalasHapus
  9. Wa'alaikumsalam Warohmatulloh Wabarokaatuh..
    Doraemoooonnnnn ^___^

    hhee.. iyah, terimakasih yah sudah di ceritakan disini kisah nama-nama itu.. Alhamdulillah postingan Uthe selalu menghibur teteh kalau lg sedih.. :') pasti teteh akan sangat merindukan Uthe :'(

    Tp kok nama Narumon enggak disebut siihh??? -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihiii.. Ntu barusan di sebut sama teteeeeh... wkwkwkk..


      Cuma bentaar kok teteeeh... Bentar doaank.. sebulanan.. hihihihii..
      Titip jagain blog Narumon yaaah tetehku sayaang...:')

      Hapus
  10. wew...ternyata eh ternyata uthe Maruthe banyak nama...tapi uni akan setia memanggilmu dengan nama uthe maruthe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkkk... Iyaa deeeh.. Terserah uni mo panggil apa.. Asal jangan dipanggil Bung Citra lestari aja yaaah.. meskipun mirip banget sama BCL... wkwkwkkkk

      Hapus
  11. ohoo, kak uthee..

    banyak kali nama panggilanmu..
    untung ada satu khusus nama panggilan untuk bloofers..

    HORAS! :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Horas!^_^

      Hihihiii.. Spesiaal buat bloofers.. ^_0

      Hapus
  12. Balasan
    1. Eh eh eeeh.. Tujuh belasan maseh lama miniii.. wkwkwkwkk...

      Hapus
  13. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus

 

aQ & pikiranQ © 2010 Web Design by Ipietoon Blogger Template and Home Design and Decor